Studio 2 : Radio

Haiii penggemar setia Cinema MASSCOM 😀 Salam penyuka film Indonesia!

Mimin punya ide nih, pengen punya nama sapaan untuk kalian pengunjung setia Cinema MASSCOM. Biar bisa lebih akrab gitu. Kalo kalian punya saran, bisa komen ya di pos ini 🙂 .

Kali ini mimin mau bahas tentang radio. Kira-kira, gimana ya perkembanngan radio sekarang? Apakah masih banyak pendengar seperti dahulu? Kalo mimin sih masih suka dengerin radio waktu perjalanan di mobil. Lebih lengkapnya seperti apa? Yuk kita bahas lebih lanjut dari materi yang didapat dari kelompok radio minggu ini.

APA ITU RADIO?

Radio adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mendengar berita melalui gelombang elektronik alat pendengar. Radio sebagai alat penerima informasi biasanya terdiri dari alat pengatur pencarian gelombang (tunning), pengatur keras suara (volume), antena penerima, sound, output dan input. Gelombang ini lewat melalui udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (Sumber : marcelinepress.com)

Bentuk – bentuk radio di masa kini cenderung tidak banyak berubah. Tetap memiliki antena yang terbuat dari logam, pengatur volume dan frekuensi yang kebanyakan masih berbentuk putaran bulat seperti kompor.

SEJARAH RADIO

 

 

Pada tahun 1887, Heinrich Hertz , seorang fisikawan Jerman, berhasil mengirim dan mendeteksi gelombang radio, Guglielmo Marconi menggunakan usaha Hertz untuk membangun perangkat komunikasi nirkabel yang bisa mengirim kode morse titik dan garis dari pemancar ke penrima. Marconi memulai sebuah perusahaan telegrafi nirkabel yang akan memainkan peran penting dalam perkembangan awal radio (Dominick, 2002, p. 167).

Untuk penjelasan lebih lanjut, bisa disaksikan video diatas. Kita bisa melihat bentuk-bentuk radio di awal terciptanya.

KELEBIHAN RADIO

Kelebihan dari penggunaan radio yaitu radio hanya perlu telinga sebagai indra pendengar. Maka, kita bisa melakukan aktivitas lain bersamaan dengan mendengar radio. Misalnya saat sedang memasak, mencuci, atau menemani saat sedang perjalanan menggunakan mobil. Beda dengan televisi yang memerlukan fokus pendengaran dan juga pengelihatan, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas lain.

Kelebihan lain dari radio yaitu adanya “Theater  of Mind” atau bisa disebut munculnya imajinasi lebih saat mendengarkan radio. Kita tidak tahu menahu tentang siapa penyiar radio yang kita dengarkan. Kita tidak mengetahui raut wajahnya seperti apa. Selain itu semisal ada drama komedi di radio. Otak kita akan terpacu untuk berimajinasi mengenai apa yang ada dalam acara di radio tersebut. Sama halnya imajinasi yang timbul saat membaca novel. Imajinasi akan membawa otak kita mendalami cerita pada novel lebih jauh daripada sebatas menonton cerita novel yang di filmkan.

Jangan khawatir mengenai berita yang kita dengar dari radio. Sama halnya dengan berita di televisi, radio yang memiliki format berita juga memiliki reporter seperti reporter televisi. Jadi, informasi yang diberikan tentu saja informasi terkini yang up to date dan terpercaya.

FORMAT RADIO

Format siaran radio adalah bentuk keseluruhan isi siaran di sebuah stasiun radio. Contoh: radio musik, radio berita, sport radio, talk radio, dan weather radio. (Sumber : romeltea.com)

 

20 QUIZLET

  1. Jelaskan apa definisi dari radio?

Rahatna (dalam Romli, 2017: 77) Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radio elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Romli, K. 2017. Komunikasi massa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

  1. Siapakah yang mengembangkan stasiun pertama radio?

Frank Conrad

  1. Ide awal untuk menjual broadcasting iklan di radio ditujukan untuk ….

RCA

 

  1. Tugas dari Federal Radio Commission (FRC) berdasarkan Radio Act (1927) adala
  • Mendefinisikan broadcast band AM
  • Menstandardisasi syarat membuat channel
  • Meminimalisir adanya gangguan

 

  1. Modulasi Frekuensi (FM) radio ditemukan oleh ….

Edwin Howard Armstrong

 

  1. Bagian dari departemen apa yang bertanggung jawab atas pemutaran suara stasiun melalui musik atau materi lainnya?

Program

 

7. Sebutkan keuntungan dari digital broadcasting radio!

    • Kualitas suara yang dihasilkan baik
    • Memiliki signal yang tetap dan bebas (selalu ada)
    • Kesesuaian dengan signal analog

 

  1. Bagian dari departemen apa yang bertanggung jawab atas pemutaran suara stasiun melalui musik atau materi lainnya?

Program

 

9. Pada bagian wilayah mana yang menghasilkan pendapatan tertinggi pada iklan di

radio?

Local

 

  1. Perusahaan yang melakukan pengukuran terhadap jumlah pendengar radio adalah ….

Arbitron

  1. Sebutkan dan jelaskan karakteristik radio!

Beberapa karakteristik radio sebagai media massa atara lain (Riswandi, 2009: 3-10)

  • Publisitas Artinya disebarluaskan kepada orang banyak tanpa memandang batasan siapa saja yang boleh atau tidak boleh mendengarkan radio.
  • Universalitas Pesan yang disampaiakan bersifat umum, mencakup segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat dan menyangkut kepentingan umum karena pendengarnya adalah orang banyak.
  • Periodisitas Siaran radio bersifat tetap atau berkala, misalnya harian, atau mingguan.
  • Kontinuitas Artinya siaran radio bersifat berkesinambungan atau terus menerus sesuai dengan jadwal mengudara.
  • Aktualitas Artinya siaran radio berisi hal-hal terbaru. Aktualitas juga berarti adaya kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

 

Dibandingkan dengan mediamassa lainnya, Radio memiliki karakteristik lain yang khas sebagai berikut:

  • Imajinnatif Karena hanya alat indera pendengaran yang digunakan oleh khalayak dan pesannya pun selintas, maka pesan radio dapat mengajak komunikannya untuk berimajinasi. 2. Auditori Sifat ini muncul sebagai konskuensi dari sifat radio yang hanya bisa didengar. Pendengar tidak akan dapat mendengar kembali (rehearing) informasi yang dirasa tidak jelas saat diterima, karena informasi yang hilang tidak bisa diulang, kecuali ia merekamnya. Maka pesan radio harus disusun secara singkat dan jelas (concise and clear).
  • Akrab/Intim Pada umumya kita mendengar radio sambil melakukan kegiatan atau melaksanakan pekerjaan lainnya sehingga terasa lebih akrab.
  • Identik dengan musik
  • Radio adalah sarana hiburan termurah dan tercepat sehingga menjadi media utama untuk mendengarkan musik.
  • Mengandung gangguan Sering muncul gangguan ketika mendengarkan radio seperti timbul tenggelam/fading dan gangguan teknis (channel noise factor)

 

  1. Sebutkan dan jelaskan keunggulan radio
  • Cepat dan Langsung Tanpa melalui proses yang kompleks seperti TV dan Surat Kabar membuat Radio menjadi sarana tercepat jika dibandingkan dengan keduanya. Cukup dengan melalui telepon, seorang reporter radio dapat dengan segera melaporkan berita dan peristiwa yang terjadi di lapangan.
  • Akrab Radio adalah alat yang mengakrabkan pendengar dengan penyiar. Orang jarang mendengarkan siaran radio secara berkelompok, akan tetapi orang sering kali medengarkan radio secara sendirian seperti di dalam mobil, di kamar tidur, di dapur dan sebagainya.
  • Hangat Perpaduan antara kata-kata, musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar dan seringkali pendengar berpikir bahwa penyiar adalah sebagai teman bagi mereka.
  • Tanpa batas Siaran radio mampu menembus batas-batas geografis dan kultural serta kelas sosial. Bahkan hanya orang “tunarungu” yang tidak mampu menikmati sebuah siaran radio.
  • Murah Harga sebuah radio sekaligus mendengarkan siarannya relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan harga sebuah televisi atau berlangganan media cetak. Bahkan pendengar siaran radio pun tidak dipungut iuran sepeser pun.
  • Fleksibel Siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal-hal lain tanpa mengganggu aktivitas lain seperti belajar, memasak, mengemudi, membaca surat kabar, dan sebagainya.

 

  1. Kelemahan radio
  • Selintas Siaran radio cepat hilang dan mudah dilupakan. Pendengar tidak bisa mengulang apa yang didengarnya.
  • Batasan waktu Waktu siaran radio relatif terbatas, berbeda dengan koran yang bisa menambah jumlah halaman dengan bebas.
  • Beralur linier Program disajikan dan didengar oleh khalayak berdasarkan urutan yang sudah ada (rundown).

 

  1. Sebutkan dan jelaskan radio di era digital
  • Radio mulai dikenal dan diketahui pada Tahun 2004
  • 400 stasiun di 125 kota disiarkan dalam format radio HD
  • Satelit Radio
    • Layanan berlangganan XM radio dan Sirius
    • Penerima di Rumah maupun didalam Mobil
    • Penerima yang mudah dipakai mirip dengan Walkman Sony yang diperkenalkan
  • Internet radio
  • Format Khusus
  • Minimnya pendengar
  • Hak Cipta Abritasi Royalty Panel (2002)
  • Penyelenggata Penyalahgunaan Web Kecil 2002
  1. Perbedaaan AM dan FM
  • Studio AM Dan FM
  • AM = Amplitude Modulation
  • Perjalanan lebih jauh
  • Saluran yang lebih baik
  • Satu stasiun dengan dominan sinyal yang kuat
  • Saluran Regional – dibagi oleh beberapa stasiun
  • Saluran local – dibagi oleh banyak stasiun
  • FM = Frequency Modulation
  • Kelas C – sinyal paling kuat (100 kualitas lebih baik; sedikit gangguan
  • Kelas B dan A kurang kuat

 

  1. Sebutkan ddepartment dan staf yang ada pada struktur radio
  • General Manager
  • Program Director
  • Announcers and DJs
  • Sales Department
  • News Department
  • Engineering Department

 

  1. Jelaskan Growth and Stabilization: 1955-1990
  • Jumlah stasiun lebih dari dua kali lipat
  • Payola – produser rekaman menyuap DJ untuk memainkan musik tertentu
  • FM muncul dan berkembang
  • Aturan non-duplikasi FCC
  • Radio Publik Nasional dimulai, berkembang menjadi 160 stasiun afiliasi pada tahun 1980
  1. Sebutkan 5 jenis biaya pengeluaran umum radio

Sebuah stasiun radio umumnya menimbulkan lima jenis biaya:

 

  • Teknis
  • Pemograman
  • Penjualan
  • Administrasi
  • Berita

 

  1. Berikan contoh cara menghitung rating dan shares
  • Rating adalah rasio pendengar terhadap stasiun yang relatif terhadap semua orang di pasar tersebut. Contoh: 100.000 orang di pasaran dengan 20.000 mendengarkan tostation WXYZ. Peringkat = 20.000 / 100.000 atau rating 20 persen
  • Berbagi adalah rasio pendengar ke stasiun yang relatif terhadap jumlah orang di pasar yang benar-benar mendengarkan radio pada saat yang bersamaan. Contoh: 80.000 orang sedang mendengarkan radio dengan 20.000 yang masuk ke WXYZ. Berbagi = 20.000 / 80.000 atau pangsa pemirsa 25 persen

 

Peringkat dan jumlah penonton sangat penting karena mereka menentukan berapa banyak stasiun yang harus dipasang untuk waktu iklan di udara.

  1. Radio Time Line

RADIO TIMELINE

1887    Heinrich Hertz produces and detects radio waves

1894    Guillermo Marconi builds first wireless equipment

1901    Marconi sends first transatlantic message

1906    First broadcast of human voice and music by Reginald Fessenden

1906    Lee DeForest invents audion

1908-1914       Patent battles slow down radio’s development

1914    World War I breaks out; U.S. Navy assumes control of all patents

1918    Edwin Armstrong develops super heterodyne receiver, the basis for all radio receivers now in operation

1919    Radio Corporation of America (RCA) formed.

1920    Station KDKA, oldest existing station, first goes on the air

1922    WEAF starts “toll” broadcasting, the beginning of commercial radio

1926    NBC network is formed.

1927    CBS network is formed, Car radios introduced, Congress passes the Radio Act of 1927, which sets up the Federal Radio Commission.

1934    Armstrong receives patent for FM radio transmission, Congress passes the Communications Act of 1934, which sets up the new Federal Communications Commission

1940    CBS leads in reporting war news from Europe

1943    Supreme Court rules that NBC must divest itself of one of its two networks, which becomes ABC

1949    Radio stars begin migrating to TV

1952-1956       Local radio stations turn to local and specialized formats

1950-1960       Decline of network radio

1961    FM stereo broadcasting authorized by FCC

1962    FCC freeze on licenses for AM channels spurs the growth of FM

1967    ABC starts for specialized networks designed to complement the formats of their affiliates

1970    Beginning of National Public Radio

http://www.npr.org/

1977    FM listenership exceeds that of AM

1981    FCC eliminates many radio programming requirements

1987    NBC network sold to Westwood One

1990-1994       Led by Rush Limbaugh, talk radio helps rejuvenate AM

1996    Telecommunications Act lifts ownership cap on radio stations; wave of consolidation follows

1998    Development of in-band, on-channel (IBOC) digital radio broadcasting

2000    Clear Channel merges with AMFM radio to create a company that controls more than 800 radio stations

2000    Thousands of radio stations now broadcasting on the Internet

2001    Two companies start digital, satellite-distributed subscription radio.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22 thoughts on “Studio 2 : Radio

  1. Yg gg asing di dengar, Kalau dgar radio di mobil “pro dua RRI” 😂😂😂

    Like

    1. Ya, tentu saja sangat menarik bukan:) Semoga dapat bermanfaat!

      Like

  2. Yg paling gak asing kalau lagi iklan blgnya “pro dua RRI” 😂

    Like

  3. Judul yg menarik dan berharap ini enggk sekedar opini.
    Naikkan nama radio lg.

    Like

    1. Baik, terima kasih untuk atensinya. Semoga bermanfaat:)

      Like

    1. Done ya ^^ Terima kasih telah mampir! Semoga bermanfaat

      Like

  4. Muhammad Fitriyanto Saputra 7 May 2018 — 10:23 pm

    Artikel nya sangat lengkap dan mudah di pahami 👌

    Like

  5. Ketika saya kembali ke Jakarta untuk liburan, ketika macet terjadi cara paling efektif untuk menghilangkan kantuk dan bosan dengan memutar radio pada mobil.

    Like

  6. Paling bagus Prambors Radio

    Like

  7. Desta and Gina in the morning!😂🤣

    Like

  8. Menarik juga

    Like

  9. Makasih min infonya

    Like

  10. Prambors radio anak muda banget

    Like

  11. Kalau lagi di transportasi umum suka denger radio lewat hp. Mengisi kejenuhan sambil pakai headset.

    Like

  12. Prambors is the best radio in Indonesia😊

    Like

  13. mantapp

    Like

  14. Sangat informatif

    Like

  15. Naposo SRO Jogja 21 May 2018 — 10:33 am

    Bisa request lagu dan kirim salam haha.. Tidak kayak media lainnya.

    Like

Leave a comment